Telegrafi – Berita bohong (hoax) kian membanjiri media sosial. Subdirektorat Cyber Crime Polda Metro Jaya mengonfirmasi, saat ini terdapat sekitar 300 konten media sosial teridentifikasi menyebarkan berita hoax. Berbagai berita yang disajikan lebih mengedepankan hasutan, kebencian, dan kebohongan publik tanpa merujuk pada data dan realitas sebenarnya. Tanpa didasari dengan pemahaman dan kematangan berpikir, berita hoax tengah mengancam integritas bangsa ini.
Di sisi lain, realitas ini sekaligus menegaskan bahwa masyarakat Indonesia belum melihat bahwa gencarnya arus informasi di media sosial sebagai proses pendidikan digital. Melainkan sebagai alat propaganda untuk melanggengkan provokasi satu sama lain. Sehingga, satu sama lain saling memusuhi. Karenanya, sangat urgen membentengi generasi bangsa dewasa ini dengan menggalakkan pemahaman literasi sejak dini.
Pendidikan Literasi
Berdasarkan realitas di atas, sistem pendidikan dewasa ini yang berorientasi pada pendidikan budi pekerti harus diimbangi dengan implementasi pendidikan literasi. Hal ini sangat penting agar peserta didik mampu menyaring berbagai berita hoax yang terus menjamur di media sosial. Yang paling penting, pendidikan literasi tidak serta merta hanya mengajak peserta didik untuk membaca dan menulis secara drilling.
Gerakan membaca dan menulis ini harus diimbangi sebagai sarana untuk membangun kerangka berpikir kritis dan logis bagi peserta didik dengan kegiatan membaca, menelaah, dan menulis. Sebagaimana Fisher (1993), menyatakan bahwa literasi merupakan kegiatan membaca-berpikir-menulis. Dalam artian, praktik membaca dan menulis lebih menitikberatkan kepada membaca dan menulis untuk belajar. Sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton dan pasif dengan membaca semata.
Transformasi pendidikan literasi juga harus diimbangi dengan beberapa hal. Pertama, membangun budaya pembelajaran kritis di sekolah. Peserta didik tidak boleh hanya pasif membaca dan menulis tanpa berpikir. Hal ini juga harus diimbangi dengan kegiatan pembelajaran yang menunjang, seperti kegiatan diskusi, kerja kelompok, memecahkan masalah, dan membangun sikap kritis terhadap berbagai isu yang tengah berkembang saat ini. Budaya berpikir kritis ini dapat dibangun melalui sinergi antara lingkungan sekolah, guru, dan masyarakat.
Kedua, kegiatan pembelajaran harus didampingi dengan guru kreatif dan melek informasi. Guru sebagai role model di sekolah harus memiliki kecakapan untuk menjauhkan peserta didik agar tidak terpengaruh dengan merebaknya berita hoax. Salah satunya, melalui penyampaian substansi materi pembelajaran yang disajikan oleh guru harus aktif, kreatif, dan kritis. Guru harus mampu mengajak peserta didik untuk membaca sebuah realitas, berpikir kritis, hingga menemukan problem solving atas persoalan tersebut. Selain itu, materi pembelajaran juga harus didesain semenarik mungkin dengan mengaitkan pada isu-isu yang tengah berkembang sekarang ini. Selaras dengan hal tersebut, Langer (2000), menegaskan bahwa kemampuan, berbahasa, berpikir, dan penguasaan substansi materi perlu dipadukan atau disinergikan.
Ketiga, meningkatkan pengawasan orangtua terhadap anak. Tidak dapat disangkal, dengan kecanggihan internet anak-anak dengan mudah mengakses dan mengonsumsi berita hoax. Ironisnya, dewasa ini anak usia Sekolah Dasar (SD) sudah lincah mengakses internet dan berselancar di media sosial tanpa pengawasan orangtua. Terlebih lagi bagi orangtua yang sibuk dengan segudang rutinitas di kantor. Anak-anak dibiarkan bermain smartphone sesuka hati asalkan mau ditinggal bekerja atau dititipkan kepada pengasuh.
Membentengi Dengan cara seperti inilah pendidikan literasi dapat disinergikan untuk membentengi peserta didik dari ancaman berita hoax. Karena itu, untuk membangun budaya berpikir kritis peserta didik harus dibangun melalui pendidikan literasi sejak dini. Pendidikan sebagai garda terdepan mencetak generasi bangsa yang berintegritas tidak boleh alpha untuk membentengi dari terpaan tsunami informasi hoax.
Harapannya, pendidikan literasi mampu mengubah budaya berpikir generasi bangsa di masa mendatang. Sebagai generasi kritis dan logis terhadap berita hoax yang tidak mendasar kebenarannya.
Oleh : Tri Pudjiati MpdI. Alumnus Pendidikan Bahasa Arab di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. | Photo Credit : Dok/Ist. Photo